STFT Fajar Timur Merupakan Rahmat dan Anugerah bagi Tanah Papu

S

(Sambutan Ketua Panitia Perayaan Yubelium 50 Tahun STFT Fajar Timur Abepura)

Pertama-tama saya ingin mengajak kita sekalian menaikkan puji syukur kehadirat Allah Yang Mahakasih atas berkat dan rahmat-Nya bagi kita sekalian, secara khusus bagi pemilik, pengelola dan seluruh civitas Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Fajar Timur karena pada tanggal 10 Oktober 2017 memasuki usia yang ke 50 tahun.

Usia 50 tahun bagi STFT Fajar Timur merupakan usia yang matang dan dewasa dalam berkiprah sebagai institusi pendidikan tinggi yang turut mengambil bagian dalam pembangunan bangsa dan daerah mendidik kader-kader Gereja Katolik sebagai pelayan umat dan masyarakat. Dari visi dan misinya STFT Fajar Timur telah menjadi institusi publik Gereja dan Masyarakat mempunyai peran dan kontribusi yang signifikan bagi Tanah Papua khususnya dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada umumnya.

STFT Fajar Timur sebagai institusi pendidikan Gereja dan Masyarakat telah mengasuh, mengasah serta melahirkan human capital Papua bagi pembangunan daerah dan pembangunan nasional. Pola asuh dan asah yang melahirkan kader-kader pelayan Gereja dan Masyarakat diselenggarakan dalam dua sistem yang terintegrasi. Pertama, pembinaan dan pendampingan di rumah-rumah studi 2 ordo dan 5 komunitas diosesan dilakukan sebagai bentuk penguatan dan pemantapan kapasitas serta kapabilitas hidup rohani dan mental sebagai pelayan Gereja serta Masyarakat. Kedua, proses belajar mengajar secara akademik dilakukan sesuai dengan tuntutan kurikulum nasional ilmu teologi di perguruan tinggi  dan ilmu-ilmu kegerejaan dan sosial kemasyarakatan yang aktual dan relevan bagi seorang pelayan Gereja dan Masyarakat. Seluruh sistem pendidikan tersebut selama 50 tahun melahirkan kader-kader yang handal dan terpercaya dalam pembangunan Gereja dan Masyarakat bagi Tanah Papua khususnya dan bagi bangsa serta negara Indonesia pada umumnya.         

Atas peran dan kontribusi STFT Fajar Timur selama 50 tahun dalam kiprah pengajaran, penelitian dan pengabdiannya bagi Gereja dan Masyarakat sesuai dengan semangat pembaharuan Gereja menurut Konsili Vatikan II, tuntutan perubahan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kondisi riil Tanah Papua, STFT Fajar Timur dimaknai sebagai rahmat dan anugerah bagi Tanah Papua khususnya dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya. Berkaitan dengan peringatan 50 Tahun tersebut serangkaian kegiatan dilakukan panitia sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa bersama dengan seluruh Gereja Katolik di Tanah Papua dan masyarakat. 

Akhirnya atas nama Panitia Yubelium 50 Tahun STFT Fajar Timur, saya mengucapkan profisiat dan selamat merayakan pesta emas 50 tahun kepada pemilik, pengelola dan seluruh civitas STFT Fajar Timur, semoga berkat Tuhan senantiasa menyertai perjalanan STFT Fajar Timur menuju perguruan tinggi yang semakin berkembang, bermutu, berdayasaing  dan dicintai Gereja serta Masyarakat.

Abepura, 5 Oktober 2017 Dr. Bernardus Renwarin M.Si    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.