Visi dan Misi

Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi ”Fajar Timur” mengemban visi untuk menyediakan  tenaga-tenaga inti Gereja Katolik yang unggul dalam iman dan ilmu, terpuji dalam hal moral, peduli dalam hal kemasyarakatan,terampil dalam hal pastoral dan kerja sama; yang bertanggungjawab atas perkembangan Gereja Katolik di tanah Papua pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. (Statuta ps 5).

Untuk mencapai visi itu, STFT

  1. Mengembangkan suatu sistem pendidikan, pengajaran, dan pelatihan yang dapat menghasilkan calon-calon tenaga inti Gereja Katolik yang unggul dan terpuji dalam iman, ilmu dan moral, untuk dapat menunjang pengembangan Gereja Katolik, khususnya di tanah Papua.
  2. Membangun dan mengembangkan suatu pusat penelitian yang berkecimpung dalam bidang ilmu-ilmu yang membina keahlian, keterampilan, serta kerohanian sebagai tenaga-tenaga inti Gereja Katolik di tanah Papua yang akan datang.
  3. Membangun serta mengembangkan mentalitas kerja sama dan budaya tanggungjawab terhadap calon-calon tenaga inti Gereja Katolik yang peka dan peduli terhadap kebutuhan masyarakat, yang memajukan pengabdian dan pelayanan yang khas kepada sesama dalam masyarakat. (statuta, ps. 6)

STFT “Fajar Timur” dikembangkan dalam terang Injil, berasaskan Pancasila, berpedoman pada Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Gereja, Undang-Undang Negara dan Pendidikan dengan memperhatikan Tridharma Perguruan Tinggi (Statuta, ps. 4.1). Atas asas ini STFT

  1. Secara umum: ikut berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan Indonesia.
  2. Secara khusus: menyelenggarakan provinsi Gerejawi yang dinamis dan terintegrasi dalam lingkungan hidup budaya, melalui pengajaran ilmu-ilmu yang menyangkut Filsafat, Kitab Suci, Ketuhanan, Kemanusiaan, Hidup Kemasyarakatan dan semua ilmu yang menunjang tujuan Sekolah Tinggi ini, sesuai dengan Anggaran Dasar Yayasan dan perundangan atau peraturan umum dan pendidikan yang berlaku. (Statuta  ps. 4.2)